"Manfaat" Indonesia

Setiap manusia tidak ada yang mengetahui kapan ia akan dijemput oleh malaikat maut. Peristiwa tersebut tidak diketahui dan tidak akan pernah ada yang mengetahui kecuali Allah. Manusia hanya mampu untuk mempersiapkan dengan semaksimal mungkin untuk menjadi bagian dari golongan merugi saat diakhirat.

Indonesia dengan berbagai macam problematika seperti pendidikan yang kurang merata bagi masyarakat, jatah bantuan pemerintah yang masih belum tepat sasaran,  dan lain sebagainya. Tanpa disadari sebenarnya Allah telah menyediakan ladang pahala yang berlimpah ruah bagi kita. Jika kita memandang lebih jauh lagi, Allah ingin menjadikan kita sebagai manusia terbaik.

Dari hadits shahih yang diriwayatkan Jabir, “Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi sesama.” (HR. Thabrani dan Daraquthni). Selain itu dalam sebuah riwayat disebutkan, dari Ibnu Umar, bahwa ada seorang lelaki mendatangi Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling dicintai Allah dan amal apakah yang paling dicintai Allah SWT?”

Rasulullah menjawab, “Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan ke dalam diri seorang muslim atau engkau menghilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi utang atau menghilangkan kelaparan.”


Berangkat dari dua hal tersebut, saya mengajak diri pribadi dan secara umum bagi pembaca yang budiman untuk menjadi manusia terbaik. Apa yang sudah Allah sediakan mari kita manfaatkan dengan seoptimal mungkin sehingga kita tidak menjadi orang yang merugi. Semoga Allah selalu menguatkan dan melancarkan setiap urusan kita semua. Amin.
Previous
Next Post »

Blogger templates

Recent Comments

Subscribes

FeedLangganan Artikel Terbaru BC via Email

» Cek Email untuk konfirmasi berlangganan

Blogroll